Home / berita umum / 6.600 Orang Jahit Bendera Merah Putih 3,3 KM di Banjar

6.600 Orang Jahit Bendera Merah Putih 3,3 KM di Banjar

6.600 Orang Jahit Bendera Merah Putih 3,3 KM di Banjar – Warga Kota Banjar miliki langkah sendiri menyongsong hari kemerdekaan Indonesia. Mereka turun ke jalan buat menjahit bendera merah putih serta membentangkannya di selama jalan Kota Banjar.

Sejak mulai pagi hari, 6. 600 orang yg terdiri dalam Polres Banjar, Kodim 0613 Ciamis, pelajar, unsur Forkopimda, PNS serta unsur warga bergabung di selama jalan. Kain merah putih selama 3, 3 km. mereka pegang bertepatan.

Dengan bekal jarum kecos serta benang, beberapa ribu orang ini mulai menjahit menyambungkan kain merah putih jadi suatu bendera berkebangsaan Indonesia. Bendera ini diklaim jadi yg terpanjang di Indonesia.

Selesai kain merah putih itu tersambung, lantas dibentangkan disepanjang jalan nasional Banjar. Arah utamanya pasti buat menggelorakan semangat merah putih yg di wariskan banyak pejuang.

” Menjadi penjahitan 3. 300 mtr. kain merah putih terpanjang di Indonesia. Yg kita kenali saat ini di Indonesia yg terpanjang 3. 000 mtr., menjadi ini lebih 300 mtr., ” papar Kapolres Banjar AKBP Matrius disela kesibukan, Kamis (16/8/2018).

Menurut Matrius prosesi jahit bendera ini punya kandungan makna menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme. Pesannya, perjuangan mengibarkan bendera merah putih ini tidak gampang.

” Perjuangan untuk bikin satu bendera ini tdk gampang, butuh diperjuangkan. Menjadi banyak peserta dari bermacam unsur ini dapat rasakan menjahit sendiri, bagaimana sulitnya namun akhirnya merah putih ini melambangkan gagah berani serta suci, ” papar Matrius.

Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih memaparkan penjahitan kain merah putih ini punyai arti spirit berkebangsaan. Jadi Bangsa Indonesia mesti terus dapat menjaga keutuhan kemerdekaan.

” Dulu ibu Fatmawati istri Bung Karno menjahit bendera dengan sendiri. Kebayang perjuangan pahlawan saat itu, ” kata Ade.

Menurut dia menjahit merah putih ini jadi bentuk gotong royong. Di masa milenial ini spirit perjuangan merujuk pada semangat gotong royong, dalam mengontrol keutuhan NKRI.

” Kebersamaan kita mengontrol keutuhan bangsa mesti terus dijaga dan semangatnya bertambah ditingkatkan. Dengan spirit kerja riil prestasi bangsa, ” papar Ade

About admin