Home / berita umum / Beberapa Desa di Gunungkidul Terkena Longsoran Tanah Akibat Hujan Deras

Beberapa Desa di Gunungkidul Terkena Longsoran Tanah Akibat Hujan Deras

Beberapa Desa di Gunungkidul Terkena Longsoran Tanah Akibat Hujan Deras – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Gunungkidul sejak mulai barusan sore sampai malam hari ini, Rabu (6/3/2019) menimbulkan sejumlah rumah terserang longsoran tanah. Sampai sekarang ini belumlah ada laporan korban jiwa.

“Iya (ada tanah longsor), yang awal barusan di Desa Mertelu, Gedangsari,” tutur Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki kala dihubungi lewat sambungan telpon, Rabu (6/3/2019) malam.

Lanjut Edy, longsoran tanah di Desa Mertelu menimbulkan satu rumah masyarakat terserang tumpukan material. Tidak hanya di Desa Mertelu, Edy menyebutkan tanah longsor ikut berlangsung di sejumlah titik yang masih tetap masuk dalam Kecamatan Nglipar.

“Dari data sesaat, yang terserang longsor di (Desa) Mertelu, Desa Natah serta Desa Tegalrejo. Untuk yang di Nglipar di Desa Natah, sejumlah masyarakat udah dievakuasi lantaran airnya (debet air sungai) mulai naik,” pungkasnya.

Edy memberi tambahan, karena terserang longsoran tanah itu bikin sejumlah masyarakat menanggung derita kerugian materi. Dan untuk korban jiwa, sampai sekarang ini Edy menyebutkan belumlah ada.

“Sesaat ini belumlah ada (korban jiwa),” tukasnya.

Tidak hanya itu, terkait dengan hujan yang sampai sekarang ini belum juga berhenti serta punya potensi menaikkan debet air sungai, dia menyarankan warga menaikkan kesiapsiagaannya. Terutamanya pada warga yang menetap di selama bantaran Sungai Oya serta Sungai yang lain.

“Warga diimbau untuk masih tenang serta senantiasa memonitor situasi kira-kira. Bila ada yang membutuhkan perlindungan bisa mengontak BPBD Kabupaten Gunungkidul di nomer 0274-394091.

About admin