Home / berita umum / Kabar Terbaru Titi Wati

Kabar Terbaru Titi Wati

Kabar Terbaru Titi Wati – Sekitar 16 dokter dari beberapa disiplin pengetahuan dikerahkan untuk mengatasi Titi Wati (37), pasien obesitas asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Beberapa dokter ini datang dari Kalimantan Tengah serta ada juga yang dihadirkan dari Bali untuk mengatasi wanita yang sering dipanggil Titin itu dalam persiapan atau waktu operasi.

“Sebelum lakukan operasi pengecilan lambung, saat satu pekan Titi akan diatasi oleh 16 dokter pakar dari Bali serta Kalimantan tengah. Operasi dikerjakan bila semua hasil cek kesehatan Titi sangat mungkin untuk dikerjakan operasi,” kata Wakil Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya, dr Theodorus Sapta Atmadja, Senin (14/1/2019).

“Dokter yang kami gunakan ialah yang telah memiliki pengalaman, kami pilih yang terunggul,” imbuhnya.

Menurut Theo masalah ini tidak simpel sebab butuh perlakuan spesial. Walau belumlah didapati persisnya agenda operasi, beberapa persiapan telah dikerjakan.

Titi Wati telah mengindap di dalam rumah sakit semenjak Jumat (11/1/2019). Ia diangkut oleh lebih dari 20 relawan.

Beberapa kontrol dijalaninya, dari mulai penimbangan berat tubuh, kontrol darah teratur, urine, rontgen, sampai USG.

“Operasi nanti akan memakai skema laparoskopi mengingat perlengkapan yang kami punya lumayan memadai. Menurut teori, tingkat kegagalan dari operasi yang akan dikerjakan pada pasien sangat kecil,” katanya.

Sesudah ditimbang lagi, beratnya nyatanya tidaklah sampai 350 kg seperti prediksi awal.

“Ini hari, kami timbang ia dengan netral dilihat pihak rescue, nyatanya berat riilnya 220 kg,” tutur dr Theodorus.

Diluar itu, team medis pun lakukan uji spidometri untuk lihat kemampuan jantung, ambil photo toraks dan lakukan USG abdomen. Akhirnya, tetap harus didiskusikan dengan team dokter yang akan lakukan operasi.

Pihak rumah sakit tidak mengijinkan orang yang lain, tidak hanya keluarga, untuk membesuk Titin sebelum operasi.

“Semua kontrol itu telah berjalan dengan baik, termasuk juga lakukan penimbangan dengan melepas tali tandu serta yang lain hingga kami timbang memang beratnya 220 kg,” lebih ia.

About admin