Merokok Dari Remaja Lebih Beresiko Terkena Penyakit

Agen Casino

Merokok Dari Remaja Lebih Beresiko Terkena Penyakit – Merokok memberi dampak periode pendek serta panjang pada kesehatan badan. Dampak periode panjang diantaranya resiko terserang stroke, penyakit paru obstruktif gawat (PPOK) , jantung koroner, sampai kanker. Tidak ada ukuran pastinya kapan seseorang perokok dapat terserang penyakit itu.

Dokter spesialis paru dari Tempat tinggal Sakit Persahabatan Agus Dwi Susanto menjelaskan, resiko terserang penyakit bakal bergantung pada lamanya rutinitas merokok serta intensitasnya. Semakin awal umur perokok, jadi datangnya penyakit gawat dapat jadi lebih cepat.

” Bila pada remaja, jadi lebih tinggi remaja itu merokok, jadi lebih cepat terserang akibat penyakit akibat rokok, ” tutur Agus sementara dihubungi Kompas. com, Selasa (7/3/2017) .

Agus mengungkap, penyakit akibat rokok, seperti PPOK, kanker, serta sakit jantung dulunya semakin banyak dijumpai pada orang berumur diatas 50 th.. Tetapi, sekarang ini mulai berubah mendekati umur yang lebih muda, ialah sekitaran 35-40 th..

Merokok mengakibatkan kerusakan kesehatan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Agus menerangkan, mereka yang perokok juga alami penurunan peranan paru 2-3 kali lebih cepat di banding yg tidak merokok. Keadaan itu dapat tingkatkan penyakit tentang paru, seperti PPOK, TB paru, sampai kanker paru juga

” Bayangkan bila seseorang remaja yang peranan paru tengah berkembang, lantas telah merokok. Perkembangan peranan parunya pasti juga terganggu, ” jelas Agus.

Pembuluh darah juga perlahan-lahan bisa rusak akibat gambaran toksin dari rokok dengan cara terus-menerus. Bila telah merokok mulai sejak umur awal, 15-20 th. yang akan datang bakal banyak generasi yang sakit-sakitan.

Prevalensi remaja di Indonesia yang merokok juga sungguh mencemaskan. Riset Kesehatan Basic membuktikan, prevalensi anak umur 5-9 th. yang mulai merokok naik dari 0, 1 prosen th. 2007 jadi 1, 7 th. 2010, serta 1, 6 th. 2013.

Prevalensi remaja umur 10-14 th. merokok juga naik dari 9, 6 prosen jadi 17, 5 serta 18 prosen.