Home / berita umum / Perempuan di Mojokerto Jadi Korban Penipuan Pria yang Ngaku Anggota BIN

Perempuan di Mojokerto Jadi Korban Penipuan Pria yang Ngaku Anggota BIN

Perempuan di Mojokerto Jadi Korban Penipuan Pria yang Ngaku Anggota BIN – Mengakui menjadi anggota Tubuh Intelijen Negara (BIN), Aries Ristanto (28) sukses menipu seseorang wanita di Mojokerto. Bersama dengan temannya, pria asal Desa/Kecamatan Pungging, Mojokerto itu pun tawarkan layanan pembuatan KTP elektronik (e-KTP).

Korban penipuan yang dikerjakan Aries ialah Yuyun (27), masyarakat Desa Tambakagung, Puri, Mojokerto. Supaya korban terpikat dengan dianya, aktor mengakui menjadi anggota polisi yang dinas di BIN. Sesudah sukses merampas hati korban, Aries lalu menjanjikan korban satu mobil Honda Brio.

Karena itu, ia minta uang Rp 8,5 juta dari korban menjadi uang muka credit mobil itu. Akan tetapi, mobil yang dijanjikan aktor tidak kunjung hadir. Uang dari korban malah dibawa kabur aktor.

“Aktor mengakui anggota BIN, itu yang membuat korban jatuh cinta dengan aktor,” kata Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno waktu jumpa wartawan di kantornya, Jalan Gajah Mada, Mojosari, Senin (25/3/2019).

Terasa ditipu oleh Aries, Yuyun juga melapor ke Polres Mojokerto. Aktor diamankan dalam tempat kosnya di Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari, Rabu (13/3) seputar jam 15.00 WIB.

Setyo memberikan, dengan mengakui menjadi anggota BIN, Aries pun tawarkan layanan pembuatan e-KTP. Aktor bekerja bersama dengan temannya, Yosi Indah Diarto (45), masyarakat Desa Bogosari, Guntur, Demak.

Rupanya e-KTP bikinan Aries serta Yosi itu palsu. Yosi juga lalu dibekuk polisi. Petugas mengambil alih tanda bukti berbentuk satu printer, 2 hp, struk pemungutan uang Rp 2,5 juta, 5 buah KTP elektronik palsu, gunting serta cutter, dan bukti transfer.

“Terduga kami gunakan Masalah 378 subsider Masalah 372 KUHP intimidasi 4 tahun penjara serta Masalah 263 KUHP intimidasi 6 tahun penjara,” tambah Setyo.

Pada wartawan, Aries mengakui kenal Yuyun lewat facebook. Ia baru 3 bulan merajut jalinan asmara dengan korban.

“Agar ia yakin, saya kirimi gambar logo BIN,” kata Aries.

Sesaat Yosi mengakui baru kesempatan ini membuat e-KTP palsu. Laganya keburu dibongkar polisi sebelum dianya memperoleh imbalan dari jasanya itu.

“Saya belajar memalsukan e-KTP dari internet. Blanko nyonyek di internet,” ujarnya.

About admin