Home / berita umum / Sarang Tawon Sebesar Galon di Rumah Warga Tasik Dievakuasi oleh Petugas BPBD

Sarang Tawon Sebesar Galon di Rumah Warga Tasik Dievakuasi oleh Petugas BPBD

Sarang Tawon Sebesar Galon di Rumah Warga Tasik Dievakuasi oleh Petugas BPBD – Petugas BPBD Kota Tasikmalaya turun tangan mengevakuasi sarang tawon sebesar galon air mineral yang ada di plafon lantai dua rumah punya Hernawan (65). Kehadiran sarang tawon ini dirasa mencurigakan yang tinggal dalam rumah serta penduduk seputar.

Operasi pembersihan sarang tawon diadakan petugas BPBD selesai mendapatkan laporan penduduk. Mereka melaju ke rumah itu yang berada di kompleks Cisalak, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (6/3/2019) malam.

Tempat sarang tawon yang melekat di atap rumah itu sudah sempat mempersulit proses evakuasi. Bentangan kabel jaringan telpon ikut membatasi gerakan petugas.

Petugas mesti menempatkan tangga diatas kendaraan ranger untuk memperoleh sarang tawon. “Ini sukar lantaran tinggi tempatnya serta banyak kabel,” kata Manager Pusdalop BPBD Kota Tasikmalaya Harisman di tempat.

Sejumlah ekor lebah mempunyai ukuran besar dengan warna hitam pekat keluar dari sarangnya. Seseorang petugas berpakaian pelindung yang ditambahkan sarung kepala dan masker muka perlahan-lahan memanjat tangga.

Tampak sejumlah ekor tawon berupaya menyerang petugas waktu menempatkan kapas di lobang sarang. Terus petugas menyemprotkan cairan beracun biar kawanan lebah lemah.

“Udah seputar dua bulanan ada sarang tawon. Awalannya tempat dibawah, geser ke atas kian gede sarangnya. Sejauh ini sengatan ke penduduk tak ada sich. Sekedar takut, tawonnya gede-gede,” tutur Hari Sultan, yang tinggal dalam rumah.

Makan waktu satu jam 1/2 mengevakuasi sarang tawon. Proses evakuasi oleh petugas BPBD ini membetot perhatian penduduk ditempat.

BPBD Kota Tasikmalaya mencatat operasi sarang tawon terjadi belasan kali pada awal tahun ini. Bahkan juga di daerah Leuwianyar, tawon menyerang beberapa penduduk.

“Empat orang terluka karena sengatan tawon di Leuwianyar,” tutur Harisman.

About admin