Terkenal Anak Nakal Bisa Sembuh Di Sumur Tangkolo

Agen Casino

Terkenal Anak Nakal Bisa Sembuh Di Sumur Tangkolo – Pada musim kemarau seperti sekarang ini kehadiran mata air yg gak sempat surut begitu diperlukan. Seperti sumur Tangkolo di Ciamis yg gak sempat surut serta terus dipakai penduduk kala musim kemarau. Sumur ini pun kerap dimanfaatkan mandi, lantaran konon dapat sembuhkan anak nakal.

Sumur Tangkolo Ciamis ada di Dusun Desa, Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Terletak lebih kurang 200 mtr. dari kantor desa. Sumur itu berubah menjadi jagoan penduduk lebih kurang buat kebutuhan air bersih masa kemarau panjang serta sumur jadi kering.

Tiap-tiap pagi atau sore penduduk biasa ambil air memanfaatkan ember serta wadah yang lain. Area sumur ada gak jauh dari permukiman penduduk. Disekitarnya ada pohon pohon, ada tangga buat pintu masuk.

Sumur ini pun konon berfaedah buat membuat sembuh anak nakal sampai orang yg punyai penyakit batin, dengan tata trik ritual spesifik. Orang yg punyai niat, kebanyakan melaksanakan mandi tobat di sumur itu pada larut malam terpenting waktu malam Jumat. Awal mulanya mandi, orang itu mesti tawasul atau berdoa di masjid yg gak jauh dari sumur.

” Di atas sumur ini dahulu ada pohon tangkolo atau gadog, udah ada dulu kala. Musim kemarau sumur ini begitu dipercaya. Yakin atau mungkin tidak, sumur ini ada khasiatnya, ” kata Ending, sesepuh di Dusun Desa kala dijumpai di lebih kurang sumur, Selasa (13/8/2019) .

Ending memperjelas, faedah sumur ini dapat membuat sembuh orang sakit, sebagai obat yg kesurupan, sakit jiwa serta menyadarkan beberapa anak nakal. Langkahnya cukup dimandikan di sumur itu.

” Di luar wilayah banyak kesini, seperti dari Bandung serta Bogor, berniat pengin mandi. Langkahnya, tawasulan dahulu di masjid di atas, lalu mandi tobat di sini larut malam. Kebanyakan dilaksanakan 3 kali, ” ujarnya.

Sumur Tangkolo, Sumber Air Penyembuh Anak Nakal yg Gak Sempat KeringFoto : Dadang Hermansyah/detikcom)
Ending mengakui gak sangat tahu asal-usul sumur itu. ” Utamanya berdoa terhadap yg maha kuasa, bila mandi di sumur ini memang bersihkan diri biar suci. Dengan mandi dapat menentramkan ingatan, ” ujarnya.

Perihal itu pun dibenarkannya Kepala Desa Baregbeg Ade Iwan. Menurut dia sejak mulai dia lahir tahun 1959 lalu sumur itu udah ada.

” Dahulu air sumur ini begitu bersih jernih langsung dapat diminum. Bila saat ini risau tak steril jadi tetaplah harus diolah dahulu, ” ujarnya.

Ade memperjelas, sumur ini sempat kondang di tahun 1996, kala dia mengakui masih jadi remaja nakal. Juga banyak pemuda dari pelbagai wilayah serta mengerjakan ritual mandi tobat di sumur itu.

” Seusai mandi tobat larut malam lalu dilanjut riyadhoh di Masjid Gadog hingga subuh. Dahulu hampir tiap-tiap malam, terutamanya malam Jumat, ” ujarnya.

Sumur Tangkolo, Sumber Air Penyembuh Anak Nakal yg Gak Sempat KeringFoto : Dadang Hermansyah/detikcom)
Buat sekarang ini sumur itu terkadang masih kerap disinggahi penduduk luar wilayah, akan tetapi gak seramai dahulu. Faksi desa memiliki rencana bakal melaksanakan penyusunan di sumur yg terdapat di tanah desa itu biar berubah menjadi salah satunya tempat wisata serta kembali banyak disinggahi penduduk luar wilayah.

” Ide bakal dirapikan kembali, biar bersih. Lantaran sumur ini gunanya sangat dirasa oleh penduduk, ” kata Ade.